Programer otodidak adalah salah satu cara yang bisa Anda miliki meskipun tidak kuliah. Hal ini tentunya bermula akan ketertarikan Anda terhadap dunia komputer terutama adalah program dan aplikasi. Untuk jadi seorang Programer tentunya bisa dilakukan di mana saja dengan cara yang otodidak namun memang akan lebih baik jika diimbangi dengan pendidikan di perguruan tinggi.

Jika sudah ada ketertarikan pada bidang ini namun kendala untuk kuliah masih ada, Anda tidak perlu merasa khawatir sebab Anda tetap akan bisa mewujudkan mimpi jadi seorang Programer dengan belajar. Pada dasarnya ilmu komputer merupakan sebuah ilmu terapan yang mana bisa dikuasai menggunakan langkah praktik.

Cara Menjadi Programer Otodidak Untuk Website Bisnis

Mempelajari Algoritma Dasar

Sebelum Anda belajar tentang ilmu pemrograman lebih jauh, akan juga perlu memahami pelajaran dasarnya yaitu algoritma. Algoritma adalah berupa langkah-langkah yang bisa menyelesaikan sebuah masalah. Jika Anda tekah paham tentang algoritma, maka selanjutnya Anda juga akan semakin mudah untuk belajar bahasa program diinginkan.

Anda tidak perlu khawatir untuk kesulitan materi yang ada sebab internet menyediakan banyak materi tentang algoritma. Kini Anda dapat belajar lewat media yang ada. Bahkan Anda juga dapat membacanya di aneka macam buku Algoritma. Akan lebih baik jika Ada belajar lewat buku, sebab buku memberikan referensi lebih dengan komplit serta sistematis.

Pilih Bahasa Dari Pemrograman

Pemilihan bahasa pemrograman untuk Programer otodidak perlu adanya penyesuaian dengan minat yang Anda senang. Sebagai contoh Anda lebih tertarik dalam membuat program dengan berbasis web maka hal ini dapat berarti bahwa Anda diharuskan fokus belajar tentang bahasa program diantaranya adalah HTML, PHP, NodeJS, dan lain sebagainya. Kalau memiliki keinginan untuk membuat program dengan versi desktop, maka bahasa program yang harus dipelajari merupakan Java, Delphi, dan bahasa lainnya.

Memilih bahasa dalam pemrograman menjadi hal yang sangat penting, sebab nantinya Anda akan lebih fokus pada saat belajar. Jangan semuanya dipelajari sebab hal ini terkadang memberikan hasil yang kurang maksimal. Lebih baik fokus pada satu Bahasa dulu dengan mendalaminya. Sehingga ke depannya Anda jauh lebih expert pada bidang tersebut.

Langsung Praktek

Jika Anda memang memiliki keinginan untuk jadi Programer yang otodidak, akan lebih baik jika Anda tidak terlalu banyak akan teori. Anda bisa langsung praktek yang bisa dilakukan dengan membuat beberapa proyek kecil-kecilan. Dari hal inilah nantinya Anda akan mulai belajar membuat sebuah proyek lengkap dengan belajar. Cara ini lebih tergolong cara yang efektif dari pada harus mempelajari materi yang ada di teori satu per satu.

Dengan menggunakan cara yang ada di atas maka Anda juga bisa menjadi seorang Programer otodidak yang tidak kalah dengan lainnya. Semua akan mudah terwujud jika Anda ada niat dan ingin selalu bekerja keras untuk mencapainya.

Categories: Desain Website